Translate

Bahasa Pemrograman Go(Google Go)



Jadi search engine nomer satu udah, mendefinisikan-ulang e-mail udah, memetakan dunia udah, bikin OS buat mobile device udah, bikin browser sendiri udah, apa lagi yang dilakukan Google? Jawabannya kembali ke dasar semua praktik komputasi. Google memperkenalkan Go, bahasa pemrogramannya sendiri.

Sama kayak produk-produk Google lainnya, awalnya dilatarbelakangi ketidakpuasan dengan standar yang ada, dalam hal ini bahasa pemrograman seperti C, C++, dan Java, kemudian didukung oleh kebijakan penggunaan 20% waktu kerja pegawainya untuk mengembangkan hal yang mereka inginkan sendiri, lahirlah Go.

Yang ditawarkan oleh Go adalah bahasa yang simpel dan cepat di-compile. Syntaxnya kurang lebih mirip dengan C.  Go juga mengelola pemakaian memory dengan lebih efisien dan memberikan fasilitas garbage-collector, yang ngga dimiliki oleh C. Juga sesuai dengan arsitektur komputer masa kini dengan prosesor multicore, Go sangat mendukung concurrency atau eksekusi perintah bersamaan.

Perjalanan Go buat jadi bahasa pemrograman yang umum dipakai sih kayaknya masih jauh. Walau menurut mereka bahasanya sendiri sudah mature, tapi untuk pemakaian di level production dianggap belum siap. Pun penggunaannya lebih ditujukan ke pengembangan sistem, misalnya web server, ketimbang untuk membuat aplikasi.

Google merilis Go sebagai proyek open source dan menghimbau pengembang sistem untuk mencoba dan mengembangkan Go lebih jauh. Layaknya bahasa pemrograman lain, dukungan dari penggunanyalah yang akan bisa membuat Go diterima khalayak lebih luas.

Saat ini Go baru tersedia untuk Linux dan Mac OS X, dan compilernya tersedia dalam dua jenis, masing-masing untuk arsitektur x86 64-bit dan 32-bit. Buat yang langsung pengen coba-coba bisa langsung install Go, kemudian cobain tutorialnya.

nb : buat teman2 silahkan mencoba....^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar